Rabu, 18 Mei 2011

Naskah Drama Ande-ande lumut


Opera Legenda Ande-ande lumut bermotif "plesetan" ternyata masih bisa berhasil mengocok perut penonton.Meskipun sederhana dan terkadang kurang relevansi dengan realitanya namun saya selaku penulis tetap mempertahankan pokok inti ceritanya.Hal ini bertujuan supaya nilai cerita legenda ini tidak rusak dari pakemnya.Nah berbicara bobot mutu tentu tak ada apa-apanya jk diliat oleh para ahlinya.Namun untuk kapasitas pentas seni lokal  tentu sudah cukup karena kami sendiri telah membuktikan dalam rangka untuk mengisi acara 17san.Sungguh diluar dugaan dari awal hingga akhir dipenuhi gelak tawa masyarakat kami.
Nah jk anda Penasaran bisa dicoba...dan semua bisa dikembangkan dengan selera ide kreatif masing2.
Hal yg penting:
  1. Usahakan memilih pemeran yg sesuai
  2. Gunakan costum pakaian dengan adat jawa supaya membantu ilustrasi asli ceritanya
  3. Pilih instrumen musik yg sesuai.
  4. Jk acaranya tidak didukung dengan perangkat sound system yg memadai sebaiknya diproses dengan system dubing,maksudnya semua suara udah jadi dlm bentuk file cd maupun mp3. dan nanti pemeran tinggal umak-umik dipanggung...heheh 
  5. Untuk proses edit kami menggunakan software coll editpro.
  6. Nah yg terakir selamat mencoba dan berikut naskahnya:

NASKAH    OPERA HUMOR
LEGENDA “ANDHE  ANDHE LUMUT “

ILUSTRASI
DIALOG
ARTIS

Ibu ande2 lumut
Naik panggung menyampekan pengumuman.Mimik dan gaya bahasanya seperti preaenter infotaiment
hallo pemirsa..??.aku mbok rondo ndadapan,kali ini aku pingin menyampaikan sederetan berita menarik dan terhangat dari para artis, salah satunya artis beken kita Ande2 lumut yang ternyata udah pingin menikah.Untuk lebih jelasnya pemirsa dapat saksikan langsung pada progam INSET (Informasi Selibritis) yang tiap pagi ditayangkan oleh TRANS TV.Tapi yg jelas Kriteria wanita seperti apa yg diinginkan ande2 lumut??.ternyata,hanya sangat sederhana  lho pemirsa?.sik penting solehah dan pintar.Gmn,mudahkan syaratnya,ayo buruan daftar….
Ibu ande2


Semua Kleting
Naik panggung,
Selain kleting kuning(KN) pd sibuk berias diri sambil sbagian ada yg mainan HP,smentara KN mencuci pakaian sambil sesekali menyapu keringat dikeningnya.

Hai saudaraku!!Kalian udah denger blom, kalo si Ganteng Ande2 Lumut sekarang lagi cari istri lho!

Ooh ya???Ahh..yang bener..Masa” sich!!

Iya bener..Q tadi dapat sms dari mbok rondo Dadapan, nich kalo gak percaya baca sendiri smsnya!

Coba lihat smsnyya??Yeesss!!Akhirnya kesempatan yang kita tunggu2 datang juga!!Jadi pengen cepet2 daftar nih

Tapi gimana ya??ini persyaratannya harus wanita sholehah tuh, sementara kita shalat ja kagak pernah,Truss gimana duonk??

Gini aja Q punya usul!!Gimana kalo kita cari ilmu pelet di Gunung Srandil!!sebab denger2 disana masih banyak menyimpan aura mistis atau gaib lho?.Lhaa..buktinya Mayangsari yg konon crita SMA aja gak lulus.,bisa dapatkan Bambang Triatmojo yg kaya banget. mantan anak  presiden lagi?.

 
Ah..nek bambang ki dasarnya kegatelen tiap liat daun muda yg cantik,alias thuukmis.Gini aja kalo ke Gunung Srandil kan terlalu jauh…Gimana kalo kita datang ke PARA RA_NORMAL saja. Aku tau tempatnya kok,rumahnya klenggukan,namanya Mbah Mugi alias Tubo.katanya dia spesialis  pasang susuk lho..?coba aja kalo gak percaya!!

Ya udah kita kesana aja yang dekat!!Oke.!!!

E..Ee..Maaf Saudara2ku yang cantik!!Kalo q boleh usul mbok tolong gak usah main dukun2an,Itu namanya syirik.minta aja pertolongan  langsung pada Allah pasti dikabulin deh!!Kalo memang Ande2 Lumut terbaik buat kalian!

Idih Sok Tau!Diem loe!! mendingan kamu trusin nyuci piringnya lagi sana!!

Ayo Saudaraku!!kita segera cabut ktempat mbah dukun yuuuk

K.hijau


K.merah

K.hijau



K.biru

K.hijau



K.merah(dewi)






K.biru(yuni)






K.hijau(lisa)

K.kuning(titik)




K.merah(dewi)


K.biru(yuni)


Turun Panggung
“berangkatlah kleting merah,hijau dan biru ke tempat mbah dukun yang dituju,sementara kleting kuning juga langsung mendatangi rumah kyai guru ngajinya.
Mbah Dukun naik panggung.Awalnya ia hanya mengeluh tentang nasib kehidupannya..sampe pd akhirnya kleting2 mengetuk pintu


Kleting2 naik panggung






















Duh..Duh repote dadi dukun kok yo koyo ngene,nek lagi pepayon wae rasane duwit ki ming koyo garek ngeduk ,ning nek lg sepi ngeneki walaah pahite gluwihi broto wali.
Wah arep tak sambi melu2 neng proyek isin ro tonggo,ndak dikiro le madek dukun ra payu??...nek ora golek samben gek kamongko sekolahane anak2ku ki lagi do ndokoh2e mangan duwit.Piye to iki, Padahal pendak bengi ki yo wis tak watek je..ben tamuku ki iso  gayeng, haning kok sing ilir malah mung layang sumbangan wae?!!....wis wis payah!!!

Kulo nuwon mbah dukun?


Ehg.ehg. ..kene do mlebu cah ayu2!,trus iki do tekan kene ki ono perlu opo??


Ngeten Mbah..Kulo sak sedulur niki badhe nyuwun senjoto pitulungipun Mbah Mugi, supados anggen kulo badhe ngunggah-unggahi Ande2 lumut saget ketampi.Mekaten atur panuwun kulo mugi2 mbah dukun saget minangkani!!Matur ThanQyuuu

Oooww…Mung koyo ngono to penjalukmu??turah gampang kui Nok!!ora nganti ngentek’ke kinang sekenyah.Ning ono Syarate..lho,” Syarate yo ming Mas kawin wong siji paling ora sak juta wae!,rasah okeh2.Mergo koe kabeh mengko tak pasangi susuk emas neng rahimu, wis to sesok rak ande2 lumut ndeleng kowe langsung kemanthil-manthil. nek ra percoyo kethok’en ilate mbahmu iki.piye??Kiro2 do setuju opo ora??Yen setuju enggal do metuo mengko tak celuk mlebu Siji2.

Yes Saya setuju mbah!Permios kami langsung keluar dan kita tunggu panggilan antriannya.

Kleting Abang!!

Nggih mbah!!!

Ngene Nok,,!!Iki tak kandani, ning ojo tok critakke karo konco2mu kae!Koe mengko tak pasangi susuk sing nomer sisji!!Ben mengko koe paling ketok ayu dewe.trus ande2 lumut milih kowe.piye??Ning tulung tambahono 200ewu wae,dadine sak juta rongatus.wis to,,, enggo tak sentak’e!!

Nderek Mbah..!

Setelah selesai proses pasang susuk Kleting Abang lngsung turun panggung dilanjutkan  panggilan kleting2 berikutnya. Dialognya sama persis seperti sebelumnya smpe selesae”
Stelah terakhir mbah dukun dang kleting yg terakir dipanggil turun panggung.
Mbah Dukun










Kompak smua kleting2

Mbah Dukun



K.biru




Mbah Dukun








Kompak smua kleting2

Mbah Dukun

K.merah

Mbah Dukun






K.merah







Simbah kyai   parlan naik panggung  setelah duduk,kleting kuning uluk salam.

Kleting masuk trus duduk




























Stelah kyai dan kleting turun,
Yuyu kangkang
Naik panggung























































Stelah proses penyebrangan selesai
Yuyu kangkang tetap dipanggun kemudian giliran kleting kuning naik kepanggung



































































































Semua kleting tunun kemudian kleting kuning naik kepanggung


Assalamu’alaikum mbah lan?

Wa’alaikum sallam wr.wb…..mlebu ngomah kene nok!!,


Injih mbah ….yai?..............

ono opo nduk?................

gini lho mbah kyai, nama saya kleting kuning,maksud kedatangan saya kemari mau minta tuntunan doa dan mohon turut di doakan agar hajat saya yang ingin menjadi istri ande2 lumut dapat terkabul.

Ooo?..ande2 lumut putrane mbok rondo ndadapan kae to?
Yo wiz, Insya Allah ra kleru kok nduk.aku ngrestoni,sebab sejene bocahe kae yo bagus, pinter tur sholeh tenan.pokok’e apik lahir batine…..Ora koyo cah kepuh, ra bagus we gembagus,..he.he guyon.
…..Carane ngene nduk…sholato hajat lan istiqoroh diwaktu sepertiga malam, setelah itu berdoa langsung memohon kepada Allah atas hajatmu.ngono kuwi dilakoni kanthi istiqomah yo?.Ingat!...bahwa kunci pertolongan Allah ada pada sholat dan sabar. Insya Allah nek ande2 lumut apik nggo kowe rak mesti bakal diparingke.

Sendiko mbah?,Insya Allah kulo saget ngamalaken.Lajeng syaratipun mbayar pinten??


Mbayar opo to nduk ?,simbah ki dudu supranatural ..wis ndang diamalke..kono


“””kemudian mbh kyai dan k.kuning turun ke panggung”


Wah..wah jadi yuyu kangkang bener2 berat, bertahun-tahun hanya suruh liat sungaaai terus.gimana gak jomblo,la wong ketemune ming iwak ,kadal,ulo lan sak entrone.
Tapi gak boleh putus harapan!!..mudah-mudahan sayembara ande2 lumut nanti akan membawa nasib mujur.karena para wanita yg ingin ke kampung ndandapan,pasti minta disebrangin dan aku gak bakalan narik ongkos duit.ongkosnya hanya tak jaluk’i ambung siji2.Yeess,,,cobo tak tunggune karo nyanyi2….(sisipkan lagu mujad cinta)

Ehh, kok sajaknya dari jauh kliatan ada cewek2 menuju kemari ya??.tak tunggune,mugo2 ayu2…
(Sisipkan instrumen nuansa air)
Lhoow….kok gak ada jembatan yg menuju kampung dadapan saudara2ku.??!!

Iya nech,,truz gimana??kira2 ada jasa penyeberangan gak ya?..
(sisipkan lagu Puspa ST12)
Egm..egm…kalian pada pingin ke kampung dadapan ya?,selain saya si ganteng yuyu kangkang gak bakalan ada yang bisa  nyebrangin kalian.

Idiih kayak gitu ganteng,amit2 dech?!!. Oke..kami akan bayar berapa pun ongkosnya, yg penting kita cepat sampe kesana.tp mana kapalnya?..

Weladalah..,,padake aku cowok matre. ongkosnya bukan uang tunai,cek,ato kartu kredit ndok??.Tapi aku hanya minta sun pipimu wae JE,??.lagian transpotnya tidak naik kapal, nanti tak gendong satu per satu sampai daratan kampung dadapan sana?!,mau gak??,kalau gak mau ya gak papa tp kamu tetep gak bisa kesana.gmn?

mmm….gmn saudara2ku,terus terang saya jijik,ogah bunget dech.Tp klau gak melalui yuyu mata keranjang itu, kita jg gak bisa nyeberang kan.Sementara Kita gak boleh terlalu lama disini.Ingat!!,waktu adalah pedang,dan kesempatan itu tidak akan pernah sering datang,gitu low. So..pasti aku selak ra sabar pingin ketemu siganteng ande2 lumut.gmana?

yowiz manut lah,…biz mau gimana lagi…

naah,,,rak yo ngono….kene sopo sikik rasah do rebutan.uwiz to ora sah semelang.KABEH mengko tak bagehi ambunganku…hehehe
(Lagu SUN SENG SUWE ike nurjanah+dilanjudkan instrumen kleting kuning naik panggung)

(“satu per satu langsung disebrangkan”)
Akhirnya smua kleting menyerah kepada yu2 kangkan,dan satu persatu dicium oleh yuyu kangkang sambil kemudian disebrangkanSesaat kemudian datanglal kleting kuning dengan penampilan yang kucel..

Maaf,klo boleh tau kisanak siapa?,manusia kok modelnya kayak kepiting??


Aku raden bagus yuyu kangkang,namamu siapa cewek jelek,lalu tujuanmu kemari mau apa??

Namaku kleting kuning,aku mau ikut adu nasib ngunggah2i ande2 lumut.doain yaa???

Walah..walah..apa kamu itu gak pernah ngaca apa?.Lawong aku yang kayak gini aja mikir 2kali kalau harus punya cewek sepertimu,apalagi cah bagus ande-ande lumut??.Tapi yo ra popo ndik timbangane raono..(sisipkan lagu kekasih gelapku UNGU)..

Maaf yaa yuyu kangkang, aku gak semurah dirimu..Minggir!!..aku bisa lewati sungai ini tanpa harus kamu sebrangkan…

“”ternyata ulah yuyu kangkang telah membuat kleting kuning yang penyabar itu akhirnya menjadi geram, Serta-merta tongkat sakti yang dibawanya dipukulkan keatas permukaan air, dan yuyu kangkang terperanjad keheranan,karena meliat sungai yang begitu luas itu bisa terbelah menjadi dua. sementara kleting kuning berjalan diantara belahan sungai itu dengan lenggang hingga sampe kampung dadapan dimana singgasana ande2 lumut berada””  
(yuyu kangkang menyusul turun….

((kmudian Ande2 lumut naik panggung,dan setelah beberapa saat dialog antara ande2 lumut dan ibunya.,disusul kleting abang,biru,ijo))

(musik instrumen ande2 lumut naik panggung)

Ibuku yang mulia??,bagaimana dengan keinginanku untuk menikah apakah sudah ibu sampaikan pada khalayak??

Putraku ande2 lumut jangan khawatir,ibu sudah sebarkan informasi ini ke berbagai media, baik cetak maupun elektronik??.Malah tayangan infotaiment jg udah meliputnya kok lhe,,angger anakku ande2 lumut.

Oyya matur sembah suwun ibu,,semoga Allah nanti mempertemukan jodoh yang terbaik untuk dunia dan akheratku..

Amiin….

“”Kleting2 selain K.kuning naik panggung smua…””

Permisi ibu rondo dadapan??,perkenalkan saya yang cantik2 ini bernama kleting abang,kleting biru,kleting ijo…,tujuan kita-kita kemari tidak lain hanya ingin ngunggah2i si ganteng ande2 lumut.Pliss,mohon diterima yaa,karena selain kita2 ini cantik juga tajiirr lhoo???

Emm..baik lah,sebelumnya ibu mengucapkan terima kasih yaa atas niat baik kalian,pinginnya sih,,ibu langsung pingin terima lamaran kalian,tp ini kunci keputusannya dianakku,maka ibu sampaekan dulu ya sama ande2 lumut??

(musik ande2 lumut (ada dipasaran)

Maaf ibu,..ande2 lumut tidak bisa terima lamaran para wanita itu,sebab meskipun ia cantik ia bukan katagori wanita sholeha,bahkan mereka smua adalah second handnya yuyu kangkang bu?.Sampekan saja jika dengan berat hati ande2 lumut tidak bisa terima lamaran mereka.
(lagu patah hati)
Maaf anak2ku yang cantik,,jika ternyata anakku ande2 lumut bukan jodoh kalian.Maafkan anakku yaa???

Aduh mbok tolong mbok putrane dibujuk bagaimana caranya…nanti kita janji akan berikan hadiah istimewa buat mbok rondo..plis??

Iya simbok paham niat kalian itu serius ingin bisa diperistri anak simbok,tapi simbok gak bisa memaksakan anak saya,apalagi ini masalah jodoh yg urusannya dibawa sampe keakherat to??.yah gini aja anak2ku yg cantik2,mungkin ini memang sudah suratan takdir kalau ande-ande lumut bukan jodoh kalian.tp simbok tetap mendoakan semoga kalian lekas mendapat jodoh yg terbaik buat kalian.geh..anak-anakku.

Halah gak usah banyak ceramah,anak simbok si ande-ande lumut memang sombong..Udah kita akan cari yg lebih ganteng(sambil pergi tanpa meninggalkan kata pamit,Sembari diputar music lagunya sanden dunia belum berakhir)


“dengan wajah pucat pasi dan air mata yang berlinang,akhirnya para kleting ini harus pasrah terima kenyataan,sementara dengan tergopoh-gopoh kleting kuning mengetuk pintu sembari mengucapkan uluk salam”

Assalamu’alaikum mbok rondo..?,sebelumnya perkenankanlah saya memperkenalkan diri, nama saya kleting kuning.maksud kedatang saya kemari ingin ikut serta ngunggah2i  putra panjenengan ande2 lumut. Semoga ibu tidak keberatan,dan putranya berkenan menerimanya.Cekap semanten atur kulo,nuwun…

Ooyoo aturmu tak tompo.tapi perlu kamu ketahui klau mbak2nya yang cantik ini saja,anakku ande2 lumut tidak mau terima.Bagaimana nanti dengan kamu??,.tapi ya gapapa smua perlu dicoba.sebentar yaa tak sampaikan??....

Putraku ande2 lumut.??,iki ono wanito sederhana yang hendak pingin menjadi istrimu.bgmn?,pasti kamu gak berkenan kan??

Duh..ibu,walau ia sederhana tapi sesungguhnya ia itu wanita sholeha yang sangat saya dambakan.Aku terima…ibu dan mohon doa restunya aku akan menikahinya.(ditutup dengan lagu janji suci)


THE END....nah sederhana kan??

































K.kuning

Mbah kyai



K.kuning

Mbah Kyai

K.kuning





Mbah Kyai











K.kuning


Mbah Kyai







Yuyu kang2









Kleting hijau


K.merah

Yuyu






K.hijau



Yuyu






K.merah





        
     
          k.biru

yuyu






Dalang




Kleting kuning


Yuyu


Kleting kuning


Yuyu






Kleting kuning




Diucapkan Dalang
Dibelakang panggung









Ande2 lumut



Mbok rondo





Ande2 lumut



Mbok rondo


Para Kleting
Selain K.kuning





Mbok rondo






Ande2 lumut




Mbok rondo



Salah satu kleting gak papa.


Mbok rondo







Salah satu kleting gak papa.










Kleting kuning






Mbok rondo




Mbok rondo



Ande-ande L

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar