Jumat, 13 Mei 2011

Sejarah mbah dalhar /KH Dalhar Magelang

Kebesaran Nama Simbah KH Dalhar tentu sudah tidak asing dididalam sejarah Islam terutama di pulau Jawa dan lebih khususnya lg didaerah  Magelang Jawa Tengah.Disana beliu terkenal sebagai ulama yang sangat 'alim dan rendah hati. Banyak sekali hal yg istimewa dari diri beliu, tidak hanya dari segi keilmuan dan karomahnya,namun juga pada nilai-nilai akhlaq luhur yg patut diteladhani.Sebagai contoh beliu dalam setiap percakapannya selalu menggunakan bahasa yang halus dengan tanpa membedakan siapapun lawan bicaranya."Istilah orang jawa kabeh dibasani". Bahkan beliu selalu menghormati setiap para tamu-tamunya dengan tanpa membeda-bedakan kedudukan atau statusnya.Semua ditemui dengan sikap yang sangat baik.Dan eloknya lagi meskipun setiap hari dibanjiri para tamu, terlebih lagi di hari-hari khusus seperti hari selasa dan malam rabu jumlah tamunya hingga sampai ribuan namun semua tetap dimuliakan dengan dijamu menu makanan yang sama secara rata.Demikian bagian kecil akhlaq mulainya simbah kyai Dalhar yg tentu smua itu dilakukan dalam rangka meneladhani akhlaq mulia Nabiullah Muhammad SAW.


Mbah KH Dalhar memiliki nama asli Nahrowi.Beliu lahir di komplek Pesantren Darussalam, Watucongol, Muntilan, Magelang pada hari Rabu, 10 Syawal 1286 H (12 Januari 1870 M). Ayahnya yang juga seorang ulama bernama Abdurrahman bin Abdurrauf  bin Hasan Tuqo.
Kyai Abdurrauf adalah salah seorang panglima perang Pangeran Diponegoro.Menurut silsilah Kyai Hasan Tuqo adalah keturunan Sunan Amangkurat III. Sebagai keturunan raja, Kyai Hasan Tuqo juga mempunyai nama lain dengan sebutan Raden Bagus Kemuning.
     Diriwayatkan, bahwa Kyai Hasan Tuqo dalam perjalanan hidupnya justru memilih tinggal jauh dari istana/keraton karena beliau memang lebih senang mempelajari ilmu agama ketimbang hidup menjadi seorang bangsawan.Hal ini ditengarai dengan diketahui jika beliau hidup menyepi dan melakukan syiar Islam didaerah Godean, Yogyakarta. Sekarang tempat itu dikenal dengan nama sebutan desa Tetuko. 
Beliu dikarunia putra  salah satunya bernama Abdurrauf yg juga dalam hidupnya  mengikuti jejak ayahnya yaitu senang mengkaji ilmu agama. Namun ketika Pangeran Diponegoro membutuhkan kemampuan beliau untuk bersama–sama memerangi penjajah Belanda, akhirnya Abdurrauf tergerak hatinya untuk turut membantu perjuangannya..
Dalam perang Gerilya, pasukan Pangeran Diponegoro sempat mempertahankan wilayah Magelang dari penjajahan secara mutlak. Karena Magelang bagi pandangan militer Belanda dinilai amat strategis untuk menguasai teritori lintas Kedu. Mengetahui situasi itu, Pangeran Diponegoro bergerak cepat dengan melibatkan para tokoh-tokoh yg dianggap berpengaruh kuat,karena magelang dikenal dengan kota Santri maka tokoh-tokoh tersebut adalah para ulama untuk membantu perjuangan beliau melawan Belanda. Dengan melihat kemampuan Abdurrauf maka Pangeran Diponegoro  menyerahkan tugasnya untuk mempertahankan serta menjaga wilayah Muntilan dan sekitarnya. Abdurrauf kemudian tinggal di dukuh Tempur, Desa Gunung Pring, Kecamatan Muntilan. Ditempat itu beliau mengawali sejarahnya dengan membangun sebuah pesantren hingga akhirnya beliu terkenal menjadi Kyai Abdurrauf.
Setelah itu Pesantren Kyai Abdurrauf ini dilanjutkan oleh puteranya yang bernama Abdurrahman. Namun letaknya bergeser ke sebelah utara yang sekarang dikenal dengan dukuh Santren (masih dalam desa Gunung Pring). Setelah itu kedudukan pesantren dilanjudkan oleh mbah Kyai Dalhar, hanya saja letaknya juga bergeser  kearah sebelah barat  yang sekarang bernama Watu Congol.

Proses Perjalanan Hidup dan Spiritualnya
Mbah Kyai Dalhar dilahirkan dilingkungan kehidupan pesantren. Sejak kecil beliau telah ditanamkan ilmu agama oleh ayahnya. Menginjak usia 13 tahun, mbah Kyai Dalhar dikirim untuk melanjudkan belajar agama pada Mbah Kyai Mad Ushul (begitu sebutan masyhurnya) di Dukuh Mbawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Disana beliau belajar ilmu tauhid selama kurang lebih 2 tahun.
Selanjudnya mbah Kyai Dalhar dibawa oleh ayahnya ke Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu, Kebumen. Saat itu beliau berusia 15 tahun. Oleh ayahnya, mbah Kyai Dalhar diserahkan pendidikannya pada Syeikh As_Sayid Ibrahim bin Muhammad Al-Jilani Al-Hasani atau yang ma’ruf dengan laqobnya Syeikh Abdul Kahfi Ats-Tsani. Delapan tahun mbah Kyai Dalhar belajar di pesantren ini. Dan selama di pesantren beliau berkhidmah di ndalem pengasuh. Itu terjadi karena atas dasar permintaan ayah beliau sendiri pada Syeikh As_Sayid Ibrahim bin Muhammad Al-Jilani Al-Hasani.
Kurang lebih pada tahun 1314 H/1896 M, mbah Kyai Dalhar diminta oleh gurunya yaitu Syeikh As_Sayid Ibrahim bin Muhammad Al-Jilani Al-Hasani untuk menemani putera laki – laki tertuanya yang bernama Sayid Abdurrahman Al-Jilani Al-Hasani thalabul ilmi ke Makkah Musyarrafah. Dalam kejadian bersejarah ini ada kisah menarik yang perlu disuri tauladani atas ketaatan dan keta’dziman mbah Kyai Dalhar pada gurunya. Namun akan kita tulis pada segmen lainnya.
Syeikh As_Sayid Ibrahim bin Muhammad Al-Jilani Al-Hasani punya keinginan menyerahkan pendidikan puteranya yang bernama Sayid Abdurrahman Al-Jilani Al-Hasani kepada shahib beliau yang berada di Makkah dan menjadi mufti syafi’iyyah waktu itu bernama Syeikh As_Sayid Muhammad Babashol Al-Hasani (ayah Syeikh As_Sayid Muhammad Sa’id Babashol Al-Hasani). Sayid Abdurrahman Al-Hasani bersama mbah Kyai Dalhar berangkat ke Makkah dengan menggunakan kapal laut melalui pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Dikisahkan selama perjalanan dari Kebumen, singgah di Muntilan dan kemudian lanjut sampai di Semarang, saking ta’dzimnya mbah Kyai Dalhar kepada putera gurunya, beliau memilih tetap berjalan kaki sambil menuntun kuda yang dikendarai oleh Sayid Abdurrahman. Padahal Sayid Abdurrahman telah mempersilahkan mbah Kyai Dalhar agar naik kuda bersama. Namun itulah sikap yang diambil oleh sosok mbah Kyai Dalhar. Subhanallah.
Sesampainya di Makkah (waktu itu masih bernama Hejaz), mbah Kyai Dalhar dan Sayid Abdurrahman tinggal di rubath (asrama tempat para santri tinggal) Syeikh As_Sayid Muhammad Babashol Al-Hasani yaitu didaerah Misfalah. Sayid Abdurrahman dalam rihlah ini hanya sempat belajar pada Syeikh As_Sayid Muhammad Babashol Al-Hasani selama 3 bulan, karena beliau diminta oleh gurunya dan para ulama Hejaz untuk memimpin kaum muslimin mempertahankan Makkah dan Madinah dari serangan sekutu. Sementara itu mbah Kyai Dalhar diuntungkan dengan dapat belajar ditanah suci tersebut hingga mencapai waktu 25 tahun.
Syeikh As_Sayid Muhammad Babashol Al-Hasani inilah yang kemudian memberi nama “Dalhar” pada mbah Kyai Dalhar. Hingga ahirnya beliau memakai nama Nahrowi Dalhar. Dimana nama Nahrowi adalah nama asli beliau. Dan Dalhar adalah nama yang diberikan untuk beliau oleh Syeikh As_Sayid Muhammad Babashol Al-Hasani. Rupanya atas kehendak Allah Swt, mbah Kyai Nahrowi Dalhar dibelakang waktu lebih masyhur namanya dengan nama pemberian sang guru yaitu Mbah Kyai “Dalhar”. Allahu Akbar.
Ketika berada di Hejaz inilah mbah Kyai Dalhar memperoleh ijazah kemusrsyidan Thariqah As-Syadziliyyah dari Syeikh Muhtarom Al-Makki dan ijazah aurad Dalailil Khoerat dari Sayid Muhammad Amin Al-Madani. Dimana kedua amaliyah ini dibelakang waktu menjadi bagian amaliah rutin yang memasyhurkan nama beliau di Jawa.

Riyadhah dan amaliahnya
Mbah Kyai Dalhar adalah seorang ulama yang senang melakukan riyadhah. Sehingga pantas saja jika menurut riwayat shahih yang berasal dari para ulama ahli hakikat sahabat – sahabatnya, beliau adalah orang yang amat akrab dengan nabiyullah Khidhr as. Sampai – sampai ada putera beliau yang diberi nama Khidr karena tafaullan dengan nabiyullah tersebut. Sayang putera beliau ini yang cukup ‘alim walau masih amat muda dikehendaki kembali oleh Allah Swt ketika usianya belum menginjak dewasa.
Selama di tanah suci, mbah Kyai Dalhar pernah melakukan khalwat selama 3 tahun disuatu goa yang teramat sempit tempatnya. Dan selama itu pula beliau melakukan puasa dengan berbuka hanya memakan 3 buah biji kurma saja serta meminum seteguk air zamzam secukupnya. Dari bagian riyadhahnya, beliau juga pernah melakukan riyadhah khusus untuk medoakan para keturunan beliau serta para santri – santrinya. Dalam hal adab selama ditanah suci, mbah Kyai Dalhar tidak pernah buang air kecil ataupun air besar di tanah Haram. Ketika merasa perlu untuk qadhil hajat, beliau lari keluar tanah Haram.
Selain mengamalkan dzikir jahar ‘ala thariqatis syadziliyyah, mbah Kyai Dalhar juga senang melakukan dzikir sirr. Ketika sudah tagharruq dengan dzikir sirnya ini, mbah Kyai Dalhar dapat mencapai 3 hari 3 malam tak dapat diganggu oleh siapapun. Dalam hal thariqah As-Syadziliyyah ini menurut kakek penulis KH Ahmad Abdul Haq, beliau mbah Kyai Dalhar menurunkan ijazah kemursyidan hanya kepada 3 orang. Yaitu, Kyai Iskandar, Salatiga ; KH Dimyathi, Banten ; dan kakek penulis sendiri yaitu KH Ahmad Abdul Haq.
Sahrallayal (meninggalkan tidur malam) adalah juga bagian dari riyadhah mbah Kyai Dalhar. Sampai dengan sekarang, meninggalkan tidur malam ini menjadi bagian adat kebiasaan yang berlaku bagi para putera – putera di Watucongol.

Karamahnya
Sebagai seorang auliyaillah, mbah Kyai Dalhar mempunyai banyak karamah. Diantara karamah yang dimiliki oleh beliau ialah :
* Suaranya apabila memberikan pengajian dapat didengar sampai jarak sekitar 300 meter walau tidak menggunakan pengeras suara
* Mengetahui makam – makam auliyaillah terdahulu yang sudah hilang dan dilupakan oleh para ahli, santri atau masyarakat sekitar dimana beliau – beliau tersebut pernah bertempat tinggal
* Dll

Karya – karyanya
Karya mbah Kyai Dalhar yang sementara ini dikenal dan telah beredar secara umum adalah Kitab Tanwirul Ma’ani. Sebuah karya tulis berbahasa Arab tentang manaqib Syeikh As-Sayid Abil Hasan ‘Ali bin Abdillah bin Abdil Jabbar As-Syadzili Al-Hasani, imam thariqah As-Syadziliyyah. Selain daripada itu sementara ini masih dalam penelitian. Karena salah sebuah karya tulis tentang sharaf yang sempat diduga sebagai karya beliau setelah ditashih kepada KH Ahmad Abdul Haq ternyata yang benar adalah kitab sharaf susunan Syeikh As-Sayid Mahfudz bin Abdurrahman Somalangu. Karena beliau pernah mengajar di Watucongol, setelah menyusun kitab tersebut di Tremas. Dimana pada saat tersebut belum muncul tashrifan ala Jombang.

Murid – muridnya
Banyak sekali tokoh – tokoh ulama terkenal negara ini yang sempat berguru kepada beliau semenjak sekitar tahun 1920 – 1959. Diantaranya adalah KH Mahrus, Lirboyo ; KH Dimyathi, Banten ; KH Marzuki, Giriloyo dll.
Wafatnya
Sesudah mengalami sakit selama kurang lebih 3 tahun, Mbah Kyai Dalhar wafat pada hari Rabu Pon, 29 Ramadhan 1890 – Jimakir (1378 H) atau bertepatan dengan 8 April 1959 M.,Ada yang meriwayatkan jika beliau wafat pada 23 Ramadhan 1959. Akan tetapi 23 Ramadhan 1959 bukanlah hari Rabu namun jatuh hari Kamis Pahing. Menurut kakek penulis yaitu KH Ahmad Abdul Haq (putera laki-laki mbah Kyai Dalhar), yang benar mbah Kyai Dalhar itu wafat pada hari Rabu Pon.

Ctt: Bagi yang hendak berziarah beliu dimakamkan dipuncak pegunungan namanya gunung pring.masih satu wilayah dengan PONPESnya.

Guru besarnya Syekh Imam Abil Hasan Ali Asy-Syadzilli R'a

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar